Ditulis pada tanggal 26 February 2016, oleh admin, pada kategori Berita

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menganugerahkan penghargaan energi tahun 2015 Kamis, (22/10/2015). Bertempat di Auditorium Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta, Perwakilan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) Dr. Ir. M. Ruslin Anwar MSi turut hadir menerima penghargaan.

Malam Penganugerahan Penghargaan Energi 2015 digelar bertepatan dengan Hari Energi Dunia (World Energy Day). Perwakilan FT-UB bergabung bersama sekitar 300 undangan dari Pejabat di lingkungan Kementerian ESDM, Kementerian/lembaga terkait, BUMN, Kepala Daerah, Kepala Dinas ESDM, perguruan tinggi, organisasi profesi dan pemangku kepentingan sektor ESDM di Indonesia.

Mengangkat tema “Kearifan Lokal Menuju Kemandirian Energi”, Penghargaan ini merupakan media apresiasi pemerintah pada stakeholders yang mau berinovasi dan mengembangkan teknologi sektor ESDM secara berkesinambungan, menginspirasi masyarakat untuk menggunakan energi terbarukan dan mewujudkan budaya hemat energi serta mendorong stakeholders dalam pengembangan dan pemanfaatan energi

Ada tiga kategori penerima Penghargaan Energi yaitu, penghargaan energi pakarsa bagi perorangan dan kelompok masyarakat; penghargaan energi pratama bagi perusahaan nasional/ daerah atau asing; penghargaan energi prabawa bagi instansi pemerintah dan pemerintah daerah.

Proses seleksi telah dimulai sejak Mei 2015 yang meliputi tahap sosialisasi, pencalonan, evaluasi, seleksi, penjurian, verifikasi, penetapan, pengumuman dan penganugerahan Penghargaan Energi. Penilaian dilakukan secara independen oleh Dewan Juri yang beranggotakan sembilan orang dari asosiasi sektor ESDM, perguruan tinggi, praktisi dan tokoh masyarakat. Sidang pleno Dewan Juri menetapkan FT-UB sebagai satu-satunya Instansi perguruan Tinggi dari 13 penerima penghargaan energi.

FT-UB diganjar sebagai pelopor dalam pengembangan teknologi sektor ESDM secara berkesinambungan dengan pengabdian masyarakat berupa Pembangkit Listrik tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di 19 titik yang tersebar di Jawa Timur. Selain itu menginspirasi masyarakat untuk menggunakan energi terbarukan dengan mengembangkan penggunaan Biogas sebanyak 42 titik di Jawa Timur.

“Peghargaan ini harus semakin meningkatkan motivasi kita ke depan untuk menjadi pelopor dan innovator teknologi yang mengusung energi berkesinambungan baik dalam penelitian dan pengabdian masyarakat,” Tutupnya.

Sebelumnya, Kementerian ESDM telah memfasilitasi 24 nominator Penerima Penghargaan Energi 2015 untuk mengikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 tanggal 17 Agustus 2015 di Istana Negara dan Silaturahmi Presiden RI dengan para Teladan Nasional di Istana Bogor tanggal 18 Agustus 2015 lalu. [emis/Humas UB]

Disadur dari : http://ebtke.esdm.go.id/post/2015/10/23/983/menteri.esdm.serahkan.penghargaan.energi.2015