Fakultas Teknik UB, sebagai fakultas yang sudah mapan di Universitas Brawijaya, Malang, mencoba mengembangkan jati diri kelembagaan sebagai pusat pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam hal inovasi pembelajaran, penelitian dan pengambdian kepada masyarakat. Untuk mendukung kesuksesan Tri Darma, maka memandang perlu adanya roadmap penelitian dan pengabdian pada masyarakat utuk menjadikan sesuatu yang strategis karena memberikan beberapa manfaat bagi, dosen sebagai peneliti untuk mengembangkan kemampuan penelitian secara personal ataupun tim lebih terarah; sehingga potensi yang dimiliki dosen bisa dikembangkan sesuai dengan kepakaran yang diminati dan dicita-citakan. Lebih lanjut pengembangan dan pelaksanaan orientasi program studi (jurusan) juga bisa diselaraskan. Sinergitas Road Map individu masing-masing dosen, Jurusan/prodi dan tingkat Universitas terlaksana dengan baik, sehingga mampu mencetak para spesialis atau pakar di bidang yang khusus sesuai minat penelitiannya.

Disamping penelitian, dosen dilingkungan FT-UB juga dituntut mau dan mampu melaksanakan pengabdian pada masyarakat sebagai implementasi dari tridharma perguruan tinggi. Road Map pengabdian menjadi motor dan arahan bagi pelaksanaan pembangunan tidak hanya pada desa Binaan, tetapi juga pada daerah lain yang membutuhkan. Tentunya daerah merasa mendapatkan manfaat yang lebih baik dari keberadaan kaum cendikiawan dan intelektual yang ada dikampus melalui kegiatan dosen melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

Berikut adalah list tentang Road Map penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan FT-UB, pada periode rencana 2012-2016 dan juga Road Map pada periode 2011-2014 sebagai bahan informasi keberlanjutan program kerja dan capaian yang telah diraih. Disini juga dilampirkan potensi dan permasalahan desa binaan sebagai upaya untuk mempermudah bagi semua dosen dalam menyusun proposalnya.

Roadmap Penelitian dan Pengabdian:

  1. Roadmap P&PKM FTUB 2011-2014
  2. Roadmap P&PKM FTUB 2012-2016