Ditulis pada tanggal 6 April 2021, oleh admin, pada kategori Berita

Yth. Dosen Fakultas Teknik UB

Berkaitan dengan Program Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Teknik UB sumber dana PNBP Tahun Anggaran 2021, maka bersama ini diberitahukan beberapa informasi terkait kegiatan penyusunan Usul/proposal kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut:

  • Penulisan usul/proposal sesuai dengan pedoman penulisan yang telah ditetapkan; lihat dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat  (TERLAMPIR)
  • Ketua Jurusan melakukan  koordinasi  dengan  calon  pengusul,  para  Kepala Laboratorium dan/atau Ketua Kelompok Jabatan Fungsional Dosen untuk menetapkan tema kegiatan sesuai tema Jurusan dan payung penelitian Fakultas.
  • Dana harus sesuai dengan proporsional masing -masing Jurusan yang telah ditetapkan fakultas berdasarkan jumlah dosen aktiv dan pengelolaan diserahkan kepada masing-masing Jurusan dengan melibatkan seluruh dosen, serta memberdayakan laboratorium dan mahasiswa.
  • Alokasi pembiayaan kegiatan adalah 100% biaya non-personil tidak ada honorarium dosen bersertifikat.
  • Tema kegiatan PkM disesuaikan dengan kategori jenis PKM yang dibedakan atas kegiatan yang dilakukan secara mandiri (dalam satu jurusan) sesuai tema payung FT UB pada wilayah mitra binaan (Kategori A) dan yang tidak sesuai payung FT UB atau diluar wilayah binaan FT UB (Kategori B), jika melibatkan dosen pada jurusan lain di wilayah mitra binaan (Kategori C).
  • Luaran PkM bisa berupa perangkat keras, media cetak/online, TTG, prototype, alat atau bangunan yang akan memberikan dampak pada:1) Updating ipteks dimasyarakat; 2) Peningkatan produktifitas  mitra;  3)  Peningkatan  atensi  akademisi  terhadap kelompok masyarakat/industry kecil;dan/atau, 4) Peningkatan kegiatan pengembangan ipteks. Berita kegiatan PkM bisa ditampilkan pada website masing-masing jurusan sebagai luaran PKM.
  • Usulan diupayakan disertai Surat Permohonan atau kesediaan kerjasama dari mitra sebagai kesediaan penerima manfaat kegiatan.
  • Untuk meningkatkan kinerja PKM, satu orang pengusul bisa menjadi anggota pada judul PkM lainnya, namun tidak menambah jumlah pagu sebesar Rp. 3.500.000,-/dosen aktif.
  • Ditingkat jurusan, usul/proposal kegiatan telah melalui proses evaluasi internal. Draft Usul/proposal kegiatan yang  telah dievaluasi dikirim ke sekretariat BPPM paling lambat 19 April 2021 untuk dilakukan evaluasi internal tim BPPM FT UB
  • Draft Usul/Proposal Penelitian berserta Borang Evaluasi yang telah dinilai oleh Ketua Jurusan, harap dikumpulkan secara terkoordinasi oleh Sekretaris/Ketua Jurusan ke Sekretariat BPPM FT UB paling lambat 19 April 2021 dan dientry ke SIPP (Sistem Infrmasi Penelitian & Pengabdian) LPPM masuk skema Pengabdian PNBP FT sesuai jadwal 19 -24 April 2021
  • Jangka waktu kegiatan maksimum selama 6 (enam) bulan sejak tanggal kontrak kegiatan. Kontrak kegiatan direncanakan pada 3 Mei 2021

 Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya

Mengetahui,

Wakil Dekan I                                                                                       Ketua BPPM

TTD                                                                                                          TTD

Ir. Ishardita Pambudi Tama,ST.,MT.,Ph.D., IPU             Dr. Ir. Runi Asmaranto,ST., MT., IPM

NIP.19730819 199903 1002                                                                NIP.19710830 200012 1001

JADWAL : KEGIATAN PENELITIAN & PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM)

TAHUN 2021

 

 

NO

 

 

KETERANGAN

 

JADWAL

1 Pengusulan Proposal oleh Dosen (Softcopy lewat jurusan masing-masing untuk kesesuaian pagu dana) 7 – 19 April 2021
2 Entry SIPP oleh Pengusul (Skema Pengabdian PNBP FT) 19 – 24 April
3 Proses Review Proposal BPPM FT UB 26 – 1 Mei 2021
4 Revisi Usulan dan Cetak Hardcopy ke BPPM FT UB 3 Mei 2021
5 Surat Perjanjian Kegiatan (SPK) Penelitian dan PKM oleh Admin BPPM FT UB 3 Mei 2021
6 Laporan Kemajuan Uploud di SIPP oleh Ketua 10 – 24 Agustus 2021
7 Laporan Akhir UploAd SIPP oleh Ketua 8 -15 November 2021
8 Monev Laporan Akhir 15 – 20 November 2021
9 Penyerahan Hardcopy satu (1) Eksemplar yang Asli ke BPPM FT UB 22 – 30 November 2021

LAMPIRAN : SOP-MANAJEMEN-PKM-2020-FT-UB 2021